Selasa, 03 Mei 2011

Apa itu penyakit gatal-gatal ???

Penyakit Gatal-gatal (Pruritus) adalah suatu perasaan yang secara otomatis membuat tangan melakukan penggarukan.Kegiatan penggarukan yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Penggarukan secara terus menerus pada kulit bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal dan bahkan jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya jarungan parut dan penebalan pada kulit sehingga terkadang membentuk bentol-bentol yang berisi pada kulit yang gatal tersebut.
Untuk mengatasi penyakit gatal maka kita perlu mengetahui penyebab dari gatal-gatal tersebut untuk kemudian dilakukan tindakan pengobatan.Dengan diketahuinya sebab penyakit gatal, maka bisa diberikan jenis pengobatan yang tepat.

Apa Penyebabnya??

Gatal-gatal karena alergi


Gatal karena alergi biasanya disebabkan oleh alergen seperti makanan, debu, kosmetik dan perhiasan.
Saat alergen masuk ke dalam tubuh, sistem imunitas atau kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan dengan membuat antibodi yang disebut Imunoglobulin E. Imunoglobulin E tersebut kemudian menempel pada sel mast. Pada tahap berikutnya, alergen akan mengikat Imunoglobulin E yang sudah menempel pada sel mast. Ikatan tersebut memicu pelepasan senyawa Histamin dalam darah. Peningkatan Histamin menstimulasi rasa gatal melalui mediasi ujung saraf sensorik.
Pengobatan  cetirizne (Incidal, Cerini, Cetrixal, Histrin), chlorpheniramine (CTM Berlico,Dehista), siproheptadin (Cylat, Heptasan, Pronicy), loratadin (Logista, Lolergi, Loratadin Hexpharm) dan terfenadin (Terfin, Pylitep) meredakan alergi. Pemberian informasi obat antihistamin kepada pasien adalah efek samping antihistamin seperti chlorpheniramin yang dapat menyebabkan kantuk. Jika pasien mengnginkan antihistamin yang tidak menimbulkan kantuk, maka dapat diberikan loratadin


Gatal-gatal karena bakteri 
 
Pada gatal-gatal yang disebabkan bakteri, awalnya biasanya berupa lesi berisi cairan, karena sering digaruk kemudian masuk bakteri sehingga menyebabkan terjadinya koreng. Ciri-cirinya, koreng biasanya ada nanah yang warnanya kehijauan. “Kuku bisa membuat luka dan sering membawa kuman. Kalau menggaruk gunakan saja ujung jari.
Jika terus digaruk sehingga carian tumpah ke daerah kulit lainnya, maka akan menyebar ke daerah kulit lainnya. “Sehingga jadinya tambah banyak, maka disarankan untuk tidak dipecahkan, jika ia pecah sendiri, sebaiknya dibersihkan. Karena jika tidak, bisa nyebar dan tumbuh nanah baru lagi.
Bakteri penyebab : Klamedia, gonokokus
Pengobatan
Obat yang dapat digunakan penisilin, vankomisin, klindamisin, sefalosporin





Gatal-gatal karena jamur

Letaknya biasanya berada di daerah lipatan kulit seperti paha, tangan, perut, dan daerah kulitnya. Biasanya, jika disebabkan jamur, rasa gatal lebih terasa dan sulit tertahankan.
Bentuk adalah kemerahan pada kulit. Adapun kelainan kulit yang disebabkan jamur seperti panu, kadas, kurap dan merah bulat.
•Jenis Jamur : Tinea kapitis, tinea kruris
Pengobatan
Clotrimazole (Fungiderm, Ultrasilin, Mycelex), Ketoconazole (Mycoral, Nizoral), Ciclopiroxalamin (Batrafen, Loprox), Myconazol (Daktarin, Fungares), Naftifine HCl (Exoderyl).
 
Gatal-gatal karena Virus

Masuknya virus ke dalam tubuh dikarenakan daya tahan tubuh menurun. Bentuknya sendiri berupa bintik berisi cairan tapi bening. Biasanya tidak terlalu menimbulkan rasa gatal, tapi pedih. Misalnya sakit cacar dan herpes.

•Jenis virus : herpes dan varisela-zoster
Pengobatan
bedak salycil, antivir (untuk cacar) dan acyclovir (untuk herpes)



Gatal-gatal karena parasit

Rasa gatal muncul pada malam hari. Di mana, rasa yang ditimbulkan seperti ada kutu kecil-kecil yang berjalan di atas tubuh. “Rasanya sangat gatal, mirip keringat malam”
Pengobatan
Obat yang dapat digunakan :
Permethrin merupakan pengobatan kutu yang paling aman, paling efektif dan paling nyaman.
Lindane (tersedia dalam bentuk krim, losyen atau shampoo) juga bisa mengatasi kutu tetapi tidak dapat diberikan kepada anak-anak karena bisa menimbulkan komplikasi neurologis.

PENGOBATAN HERBAL

•Kunyit (curcuma domestica Val)
Dalam jurnal
Turmeric and curcumin as topical agents in cancer therapy (OlehKuttan R, Sudheeran PC, Josph CD.)
Memberi kesimpulan :
“Ekstrak etanol kunyit dan salep  kunyit dapat mengurangi gatal dalam segala kasus”.
Bukti Empiris (Berdasarkan Pengalaman) :
Sekelingking kunyit, 2 kemiri dibakar, lumatkan sampai halus, oleskan pada bagian tubuh yang gatal. Lakukan 2 kali sehari.


PENCEGAHAN
- Menjaga lingkungan agar tetap bersih
- Mandi minimal 2 kali sehari
- Tidak menggunakn pakaian yang sama secara terus menerus dalam waktu lama
- Menghindarkan dari segala sesuatu yang dapat menyebabkan alergi
- Menjaga kebersihan tubuh terutama pada daerah lipatan pada tubuh
- Menjaga daya tahan tubuh dengan makanan-makanan yang bervitamin dan bergizi
- Pakailah pakaian longgar dari serat alami.
- Menjaga daya tahan tubuh dengan makanan-makanan yang bervitamin dan bergizi

6 komentar:

FaiK Fauzi MuLaCheLLa mengatakan...

Cocok km fiz dapet tugas gatel2 secara kamu kan suka "gatelan".... haha

Al Hafizh mengatakan...

wkkwkwkwk

Al Hafizh mengatakan...

wkkwkwkwk

Al Hafizh mengatakan...

Cocok km fiz dapet tugas gatel2 secara kamu kan suka "gatelan".... haha

Al Hafizh mengatakan...

sangat bermanfaaat informasinya tangkiu..

Al Hafizh mengatakan...

maksih bos
sangat bermanfaat
salam kenal
iktiyar bagus yanto asli orang kediri jawa timur
sekali lagi terimakasih

Poskan Komentar